Kamis, 09 Juni 2022

SOAL UAS/UTS MAPEL PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI SMK KELAS X

 

untuk Soal-soal yang lain silahkan klik DISINI

Menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina adalah usaha terus menerus yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini yang bukan merupakan ikhtiar untuk menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina adalah ….

*

a. menutup dan menjaga aurat

b. selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt.

c. menjaga pergaulan yang sehat dan beretika

d. selektif dalam memilih situs-situs di internet

e. mengikuti ajakan teman karena khawatir dibully dan dikucilkan

Ayat Al Quran yang menerangkan bahwa zina termasuk perbuatan keji adalah…

*

a. QS. Al-Isra: 32

b. QS. An-Nur: 2

c. QS. Al-Isra: 23

d. QS. Al A’raf: 42

e. QS. Al-Anfal:32

Seorang Wanita yang telah menikah kemudian dia melakukan hubungan seksual dengan seorang suami dari wanita lain, maka jenis zina dan hukumannya adalah…

*

a. Zina Muhsan dan didera kemudian diasingkan selama satu tahun

b. Zina Muhsan dan didera sampai mati

c. Zina Ghairu Muhsan dan didera sampai mati

d. Zina Ghairu Muhsan dan Dirajam sampai Mati

e. Zina Muhsan dan dirajam sampai mati

Dampak buruk dari perbuatan zina, selain dapat menghilangkan kewibawaan dari pelakunya, juga berpotensi memicu timbulnya tindak kriminal lanjutan. Berikut ini yang bukan merupakan kejahatan lanjutan dari perbuatan zina adalah ….

*

a. tindakan aborsi dan praktek aborsi illegal

b. tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak

c. tindakan membunuh dan membuang bayi yang dilahirkan

d. tindakan penelantaran terhadap anak hasil hubungan gelap

e. menutup aib dengan menyembunyikan kehamilan hasil zina

Menuduh orang lain berbuat zina disebut dengan.....

*

a. Khalwat

b. Qadzaf

c. Fitnah

d. Perbuatan Keji

e. Jalan Buruk

Perbuatan zina yang dilakukan di masa remaja dan masa muda tentu akan berdampak bagi kehidupan di masa depan. Berikut ini yang bukan merupakan dampak buruk perbuatan zina adalah ….

*

a. dilaknat oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya

b. dijauhi atau dikucilkan oleh masyarakat di sekitarnya

c. garis keturunan/nasab menjadi tidak jelas

d. anak hasil perbuatan zina tidak dapat dinasabkan kepada garis keturunan ayah biologisnya

e. anak hasil perbuatan zina, akan tetap mendapat warisan dari ayahnya

Ketika cinta seseorang kepada Allah Swt. mengakar kuat di dalam jiwanya, maka akan berpengaruh terhadap seluruh kehidupannya, di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali … 

*

a. mengikuti jalan pikiran orang lain

b. menjauhi perbuatan tercela

c. berkata jujur kepada semua orang

d. mengutamakan kepentingan agama

e. melaksanakan sunah-sunah nabi

Kadar cinta kepada Allah Swt. harus terus ditingkatkan. Di antara cara meningkatkan cinta kepada Allah Swt. adalah dengan senantiasa membersihkan hati. Amalan berikut ini dapat membersihkan hati, kecuali…. 

*

a. membiasakan diri membaca istigfar

b. bertaubat kepada Allah Swt.

c. mengulangi perbuatan maksiat diikuti rasa takut

d. berbuat kebajikan di berbagai kesempatan

e. mengingat kematian

Perhatikan narasi berikut ini! Takut kepada Allah Swt. merupakan bukti seorang hamba mengenalNya. Rasa takut tersebut akan semakin bertambah seiring bertambahnya pengetahuan hamba terhadap Rabb-nya. Berdasarkan narasi tersebut, manakah yang merupakan penerapan sifat  takut kepada Allah Swt. …. 

*

a. mengabaikan semua aturan yang berlaku di masyarakat

b. membatasi diri untuk bertemu dengan orang lain

c. memperbanyak teman di dunia maya melalui akun medsos

d. bertindak sesuai norma agama, negara dan masyarakat

e. menyesuaikan diri dengan peradaban di dunia barat

Perhatikan narasi berikut ini Seseorang yang takut kepada Allah Swt. terjaga lisannya dari ucapan kasar yang menyakitkan lawan bicara. Ia akan berhati-hati dalam bertutur kata, dan memastikan perkataannya mengandung nilai manfaat. Berikut ini yang bukan merupakan dampak negatif berkata kasar kepada orang lain adalah …

*

a. memicu perpecahan di antara sesame

b. terganggunya hubungan silaturahmi

c. terjadinya konlik social

d. tidak mendapat dukungan dari orang lain

e. meningkatkan popularitas

Raja’ berarti berharap untuk memperoleh rahmat dan karunia Allah Swt. Sifat raja’ harus dibarengi dengan amal-amal saleh, hal ini dikarenakan …. 

*

a. setiap amal akan mendapatkan pahala dari Allah Swt. dengan balasan berlipat ganda

b. Allah Swt. tidak akan menerima amal seseorang jika tidak ada sifat raja’dalam hatinya

c. berharap kepada Allah Swt. hanya bisa terwujud jika mendapatkan kesempatan yang baik

d. berharap kepada Allah Swt. tanpa diikuti dengan amal, maka ia hanya berangan-angan belaka

e. amal saleh merupakan bekal untuk menjalani kehidupan hakiki di akhirat kelak

Ketika seseorang memiliki sifat raja’ maka ia akan bersemangat untuk menggapai rahmat Allah Swt. Meskipun bergelimangan dosa, ia tetap optimis mendapat ampunan Allah Swt. Agar seseorang diampuni oleh Allah Swt. maka yang harus dilakukan adalah ….

*

a. meratapi dosa-dosanya

b. menyebut kesalahannya berulang kali

c. taubat nasuha

d. menyesali kebodohannya

e. berdiam diri beberapa hari

Sifat seseorang yang mudah tersulut emosi karena tidak senang dengan perlakuan atau perbuatan orang lain disebut dengan…

*

a. al-hilm

b. syaja’ah

c. ghadhab

d. tahawwur

e. ittiba al-hawa

16. Perhatikan pernyataan berikut! a) Kelelahan yang berlebihan. b) Berani mengakui kesalahan. c) Berani meminta maaf terlebih dahulu. d) Kekurangan zat-zat tertentu dalam tubuh. e) Pengaruh hormonal jenis kelamin tertentu. Dari pernyataan tersebut, yang merupakan penyebab munculnya sifat temperamental antara lain ditunjukkan pada pernyataan….

*

a. a – b – c

b. a – c – d

c. a – d – e

d. b – c – d

e. b – d – e

Berikut ini yang bukan merupakan contoh perilaku mujahaddah an-nafs seorang pelajar di lingkungan sekolah yaitu….

*

a. Disiplin, patuh dan taat pada aturan serta tata tertib sekolah

b. Menghormati guru dan karyawan sekolah serta menghargai teman

c. Menjaga perilaku hidup sederhana tidak sombong dan tidak gengsi

d. Menghindari tindakan vandalisme atau mencorat-coret pagar sekolah

e. Menyembunyikan fakta bahwa ada yang mengikuti ujian dengan curang

Manfaat membiasakan sikap syaja’ah bagi diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari adalah….

*

a. Menciptakan masyarakat yang merasa aman, nyaman dan tenteram

b. Tidak gentar menumpas tindakan kejahatan dan perbuatan kriminal

c. memiliki sikap dewasa dalam menghadapi semua persoalan

d. Tidak takut menghadapi kekurangan dan kemiskinan

e. Tidak takut hidup dalam kesederhanaan

Ridwan adalah seorang siswa kelas X (sepuluh) sebuah SMK. Ia sering bermain dengan teman yang sudah tidak bersekolah di sore dan malam hari.  Suatu ketika, teman-temannya mengajak Ridwan untuk pesta minuman keras, tetapi dengan tegas Ridwan menolak dan memilih untuk segera pulang ke rumah. Sikap Ridwan tersebut merupakan contoh perilaku….

*

a. Al-Hilm

b. Ghadhab

c. Tahawwur

d. Ittiba al-hawa

e. Mujahaddah an-nafs

Berikut ini merupakan contoh perilaku yang merupakan cerminan dari perilaku syaja’ah bagi seorang pelajar adalah….

*

a. Ikut-ikutan bergabung dengan kelompok tawuran pelajar

b. Menjadi aktivis dakwah sekolah dengan bergabung di ROHIS

c. Mengikuti unjuk rasa dan demonstrasi yang berujung anarkis

d. Menjadi anggota geng motor dan berani membuat keributan di jalan

e. Mendaftarkan diri untuk menjadi relawan perang di wilayah konflik

Islam adalah agama universal yang syariatnya mudah dilaksanakan oleh umatnya. Tujuan utama syariat Islam adalah menolak kemudaratan. Berikut ini yang termasuk kategori menolak kemudaratan adalah ….

*

a. mengharamkan riba dan penipuan

b. kewajiban puasa di bulan Ramadhan

c. salat sunah tahajud pada malam hari

d. anjuran menuntut ilmu

e. perintah menyantuni fakir miskin

Perhatikan narasi berkut ini! Pada saat haji wada’, Rasulullah Saw. berkata: “Sesungguhnya darahmu, harta bendamu, dan kehormatanmu adalah suci atas kamu seperti sucinya hari (hajimu) ini, dalam bulanmu (bulan Zulhijah) ini dan di negerimu (tanah suci) ini.”Perkataan Rasulullah Saw. tersebut merupakan contoh nyata komitmen Islam dalam menjaga ….

*

a. Agama

b. Keturunan

c. Akal

d. Harta

e. jiwa

Perhatikan narasi berikut ini! Tingginya perhatian Islam untuk menjaga jiwa manusia (al-nafs) dapat dilihat dari diterapkannya hukuman qisas. Adanya ancaman hukuman mati ini, seharusnya menjadikan siapa pun (individu, masyarakat, bahkan negara) harus berpikir ribuan kali untuk melakukan tindakan penghilangan nyawa manusia tanpa sebab yang dibenarkan oleh Islam.Hikmah dari pelakasanaan hukuman qisas yaitu ….

*

a. penerapan qisas merupakan upaya melindungi nyawa manusia

b. hukuman qisas akan menjadikan Islam semakin ditakuti

c. semakin banyak orang yang tak mau mendekati agama Islam

d. qisas merupakan hasil kesepakatan para mujtahid

e. memperlebar permusuhan dengan para pembenci Islam

Hifzhu al-’aql dilakukan dengan cara menjaga akal pikiran agar dapat digunakan untuk berpikir. Langkah yang tepat dan efektif untuk menjaga akal adalah semenjak masa kanak-kanak. Mengapa demikian? 

a. sangat mudah menanamkan nilai-nilai kebaikan kedalam diri anak-anak

b. masa kanak-kanak hanya adalah masa untuk bermain sambil belajar

c. tidak akan banyak menemui kendala saat menanamkan nilai pada diri anak

d. seorang ibu akan sangat mudah membentuk kepribadian anak-anaknya

e. lingkungan tidak punya pengaruh apa pun pada diri dan masa anak- anak

Perhatikan narasi berikut ini! Saat Rasulullah Saw. berdakwah di Makkah, beliau mendapatkan hinaan dan Fitnah dari kaum kafir Qurays. Keluarga besar beliau tampil sebagai pembela untuk menyelamatkan Rasulullah Saw. Hal ini menjadi bukti bahwa menjaga keberlangsungan keturunan (hifzhu al-nasl) sangatlah penting dalam kehidupan. Hikmah yang dapat diperoleh dari narasi tersebut adalah ….

*

a. setiap keluarga pasti akan mendapat ujian dan cobaan dari Allah Swt.

b. tidak ada keluarga yang aman dari fitnah orang lain

c. keluarga yang besar lebih utama daripada keluarga kecil

d. semua anggota keluarga harus melakukan kerjasama dengan umat lain

e. setiap anggota keluarga berperan penting untuk menjaga keselamatan keluarganya

Perhatikan narasi berikut ini!  Pada masa khalifah Umar bin Khattab r.a., ada seorang petani Syiria yang mengadu bahwa tanamannya telah terinjak-injak oleh pasukan muslimin, maka Umar bin Khatab r.a. memerintahkan agar membayar ganti rugi kepada petani tersebut yang diambilkan dari kas negara. Hal ini menjadi bukti bahwa …

*

a. pasukan militer harus mengetahui dan memahami etika berperang  sesuai ketentuan Islam

b. seorang rakyat harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara demi kesejahteraan bersama

c. pemimpin harus mengutamakan keamanan negara daripada memperkuat kekuatan militer

d. siapa pun tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat merusak atau merugikan harta benda miliki orang lain

e. setiap kepala negara akan selalu menghadapi beragam persoalan yang melibatkan rakyat dan tentara

Dalam menyebarkan ajaran Islam para Wali Songo juga tidak mengusik tradisi asli masyarakat Nusantara, tidak menyakiti, bahkan tidak mengusik agama dan kepercayaan mereka, namun memperkuatnya dengan cara-cara yang islami. Pendekatan ini disebut dengan….

*

a. Tadrij

b. Takiri

c. Tarkhim

d. ‘Adamul Haraj

e.  Ahlul Halli wal ‘aqd

Sunan Ampel mengenalkan ajaran yang sangat berkaitan dengan kebiasaan masyarakat kala itu, yaitu ajaran Moh Limo. Moh Limo berasal dari bahasa Jawa yaitu emoh (tidak mau) dan limo (lima). Artinya ajaran yang mengajak masyarakat untuk tidak mau berjudi, mengundi nasib dan memasang taruhan adalah….

*

a. moh main

b. moh maling

c. moh madat

d. moh ngombe

e. moh madon

Dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, para Wali Songo memanfaatkan tradisi, adat istiadat serta kesenian yang telah berkembang sebelumnya, dan disesuaikan dengan nafas dan ajaran Islam. Di antara para wali yang mahir dalam memainkan kesenian wayang kulit dan menjadikannya sebagai media dakwah yang efektif adalah….

*

a. Sunan Gresik

b. Sunan Ampel

c. Sunan Bonang

d. Sunan Kalijaga

e. Sunan Gunung Jati

Berikut ini yang bukan merupakan ragam metode dakwah yang dilakukan oleh Sunan Gunung Jati dalam proses Islamisasi tanah Jawa, yang memiliki standar ganda sebagai seorang raja sekaligus sebagai seorang ulama adalah….

*

a. Metode muidlah hasanah/nasihat-nasihat yang baik

b. Metode al-hikmah/menggunakan cara-cara yang bijaksana

c. Metode takriri yaitu menganggap kafir orang yang tidak satu iman

d. Metode ta’awun yaitu saling tolong menolong dan berbagi ketugasan

e. Metode tadarruj/berjenjang, tingkatan belajar seorang murid (pesantren)

Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada umat Hindu, Sunan Kudus melakukan strategi sebagai berikut….

*

a. membangun pancuran wudu berjumlah 8 dan meletakkan arca di atasnya

b. tidak menghapus tradisi dan adat istiadat yang berkembang di masyarakat

c. tidak menyembelih sapi pada saat Idul Adha karena sapi adalah hewan yang dianggap suci bagi umat Hindu

d. membiarkan pelaksanaan selamatan, upacara adat, pemberian sesajen tetap berkembang di masyarakat

e. menyusun syair-syair yang berisi tentang kecintaan kepada Allah Swt. dan disenandungkan dengan iringan musik gamelan

Inti dari ajaran Sunan Drajat adalah Catur Piwulang (Empat Pengajaran). Makna dari salah satu ajaran untuk Paring teken marang wong kang kalunyon lan wuto adalah….

*

a. memberikan pertolongan kepada orang yang sedang kesulitan

b. memberikan pakaian kepada orang yang sedang kedinginan

c. memberikan makan kepada orang yang sedang kelaparan

d. memberikan tempat berteduh bagi orang yang kehujanan

e. memberikan tempat tinggal bagi orang yang tuna wisma


0 komentar:

Posting Komentar