untuk Soal-soal yang lain silahkan klik DISINI
Mengelompokkan barang dagangan ke dalam atau sesuai jenisnya masing-masing barang dan ditata sedemikian rupa sehingga memberikan kemudahan kepada setiap yang memerlukannya merupakan pengertian dari....
*
A. menata barang
B. mempromosikan barang
C. mendata barang
D. mengklasifikasikan barang
E. mengukur barang
Berikut yang bukan merupakan standar-standar yang harus dimiliki oleh seorang merchandiser adalah....
*
A. memilih pesanan
B. mengetahui letak barang di toko
C. mengetahui posisi label rak
D. bertanggung jawab
E. menghindari kekosongan barang yang dipajang
Di bawah ini yang merupakan barang yang bersifat luxurious, yaitu....
*
A. lemari es
B. berlian
C. pakaian
D. mobil
E. lukisan
Tujuan utama dari pengelompokan dan pengkalsifikasian produk (barang) adalah....
*
A. memudahkan pengelolaan
B. menghindari pencurian
C. menambah keuntungan
D. memudahkan pencarian barang hilang
E. menghindari kerugian
Departemen yang meliputi semua peralatan tulis dan peralatan kantor seperti buku, pensil, penghapus, dan lain-lain adalah departemen.....
*
A. cosmetic
B. food
C. nonfood
D. household
E. stationary
Pengelompokan dan pengklasifikasian barang pada suatu toko disebut dengan istilah....
*
A. order
B. prospek
C. merchant
D. promosi
E. display
Berikut yang bukan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan toko adalah....
*
A. barang dipamerkan sesuai dengan kesan toko yang ingin diciptakan
B. memperhatikan sifat produk
C. memerhatikan kemasan
D. memerhatikan sisa produk
E. memerhatikan kemungkinan keuntungan produk
Bagi pihak produsen atau penjual, pengklasifikasian barang akan memudahkan dalam....
*
A. pengawasan dan pemeliharaan
B. pengambilan dari pabrik
C. menghitung keuntungan
D. menjaga kesehatan toko
E. mempertahankan citra toko
Berikut ini contoh dari barang yang bersifat adjustable adalah....
*
A. sampo dan sabun
B. sayur dan buah
C. beras dan gula
D. jas hujan dan kipas angin
E. berlian dan permata
Yang termasuk dalam departemen household adalah....
*
A. piring dan gelas
B. mobil-mobilan dan boneka
C. buku dan pensil
D. sampo dan sabun
E. susu dan keju
Fungsi dari label, yaitu....
*
A. membedakan barang atau jasa
B. mengefisiensikan pendataan jumlah belanja
C. membandingkan dengan address card
D. menyampaikan informasi sebagai iklan dan branding sebuah produk
E. memudahkan pencarian barang hilang
Berikut ini yang bukan merupakan beberapa informasi yang harus ada pada label adalah....
*
A. merek, tipe, dan ukuran
B. tanggal receiving
C. kode barang
D. merchandising
E. barcode
Pemberian label pada produk di supermarket bertujuan untuk....
*
A. memudahkan barang untuk ditata
B. membuat produk menjadi lebih menarik
C. membantu konsumen untuk mengetahui informasi barang
D. meningkatkan penjualan produk
E. memudahkan dalam pengawasan produk
Label yang memuat merek, gambar, atau produsen dari produk yang dicantumkan dalam kemasan produk termasuk dalam jenis label....
*
A. product label
B. grade label
C. brand label
D. address label
E. barcode
Rangkaian bar hitam dan spasi putih dalam setiap kemasan atau label produk yang memiliki fungsi untuk mengefisiensikan pendataan jumlah belanja disebut....
*
A. Point of Purchase (POP)
B. address card
C. barcode
D. SKU
E. price tag
Layout toko yang diawali dengan gang utama kemudian memberikan akses ke masing-masing departemen produk disebut....
*
A. free-form
B. racetrack
C. grid layout
D. floor display
E. PLU
Berikut yang bukan faktor-faktor yang memengaruhi layout, yaitu....
*
A. keuntungan lokasi yang sesuai
B. ukuran dan bentuk ruangan
C. jenis dan jumlah barang dagangan
D. ciri-ciri dan kebiasaan membeli dari pelanggan
E. jenis operasi toko yang dilaksanakan
Suatu diagram yang menampilkan perencanaan letak produk dalam rak display agar letak produk menjadi lebih strategis dan untuk meningkatkan penjualan disebut....
*
A. diagram
B. planogram
C. sketsa
D. desain
E. layout
Layout ritel yang digunakan toko fashion dimana lalu lintas pengunjung tidak diatur oleh toko dan pengunjung diberi kebebasan dan tidak diarahkan mengikuti jalur adalah....
*
A. racetrack
B. grid pattern
C. combination pattern
D. free flow pattern
E. melingkar
Fungsi dari layout toko adalah....
*
A. untuk mendapatkan keuntungan lokasi yang sesuai
B. untuk memenuhi kebutuhan musiman
C. untuk meningkatkan penjualan produk
D. sebagai pengalokasian tempat perbelanjaan dan pengelompokan barang sesuai dengan kategorinya
E. untuk efisiensi dan efektivitas keuangan toko
Teknik pencahayaan yang berfungsi sebagai aksen, yaitu....
*
A. ambient lighting
B. local lighting
C. accent lighting
D. natural laighting
E. insidental lighting
Teknik pencahayaan yang umumnya digunakan untuk produk-produk kristal adalah....
*
A. ambient lighting
B. local lighting
C. back lighting
D. natural lighting
E. dark lighting
Item-item yang sama akan dikelompokkan bersama-sama dalam konsep warna, bentuk dan ukuran sehingga sebuah display tidak boleh menggunakan lebih dari 3 warna. Hal ini merupakan prinsip desain visual display, yaitu ....
*
A. proximity
B. similarity
C. showcase
D. backwall
E. single look
Tampilan grafis berupa simbol, tanda, lambang serta tulisan singkat yang mengandung informasi tertentu kepada orang lain disebut....
*
A. Display
B. Warna
C. Point of Sales
D. Signage
E. Graphics
Yang bukan termasuk dampak warna toko bagi pembeli adalah....
*
A. menarik pembeli untuk datang ke toko
B. membuat pembeli nyaman berada di toko
C. membuat pembeli memilih banyak produk
D. membuat pembeli tertarik pada produk tertentu
E. membuat pembeli mengenali merk tertentu
Dinding yang digunakan untuk memajang barang dinamakan ....
*
A. Wagon
B. Fixture
C. Platform
D. Backwall
E. Waterfall
Media yang berbentuk box besar yang digunakan untuk mendisplay barang yang harganya murah (obral) disebut.....
*
A. Wagon
B. Gobdola
C. Torso
D. Hambalan
E. Gantungan
Peralatan display berupa patung untuk memajang pakaian yang hanya setengah badan dinamakan ....
*
A. Manekin
B. Torso
C. Table presentation
D. Backwall
E. Waterfall
Salah satu keuntungan dari penggunaan rak bertrap, yaitu....
*
A. memberi kesan terbatasnya barang dagangan yang dijual
B. memberikan kesan mewah
C. ruangan terlihat luas dan bersih
D. barang yang dijual terkesan bervariasi
E. memudahkan pramuniaga dalam mengelolanya
Peralatan display yang berfungsi untuk menggantung produk, seperti dasi, topi, ikat pinggang, kaos kaki, dan aksesoris untuk wanita yaitu.....
*
A. swastika
B. ambalan
C. gawang
D. single hook
E. torso
0 komentar:
Posting Komentar