Selasa, 09 Mei 2017

SKRIPSI PROGRAM PENGGAJIAN GURU DAN KARYAWAN BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Penggajian merupakan suatu pekerjaan yang mempunyai sifat pengerjaan yang komplek, dimana data penggajian akan selalu berubah-ubah. Maka diperlukan adanya program aplikasi yang dapat mengolah data penggajian dengan baik. SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas sudah menggunakan komputer untuk mengelola berbagai permasalahan kerja yang ada dilingkungan sehingga aktivitas kerja dapat berjalan lancar dan semakin baik.
SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas dalam mengolah data tentang informasi penggajian guru menggunakan komputer, namun masih sering terjadi kesalahan dalam proses pengolahan data karena masih menggunakan cara pengkopian dari data dan file yang lama kemudian menggantinya dengan cara mengetik ulang kembali data lama, sehingga penggunaannya belum maksimal. Sering juga inputan data penggajian keliru karena keteledoran dari bendahara sendiri. Selain itu juga data sering terhapus atau hilang karena terlalu banyak file yang tersimpan dengan nama yang berbeda-beda. Hal itu terjadi dikarenakan semakin bertambahnya data yang diperlukan untuk dicatat sebagai dokumen. Seiring dengan berjalannya waktu maka diperlukan cara yang lebih tepat dan akurat dalam menginformasikan data penggajian guru yang terkini sehingga dibutuhkan suatu program khusus yang dapat mendukungnya.
Laporan penggajian pada SMK Ma’rif NU 2 Karanglewas sering tertunda kepada guru, karyawan, kepala sekolah maupun kepada yayasan dikarenakan sering terjadi kekeliruan dan kesalahan datanya. Sehingga agak lama dalam pembuatan laporannya. Pihak bendahara juga sering mendapatkan komplain dari guru dan karyawan karena laporan slip gaji sering terlambat dari tanggal penggajian dan tidak sesuai dengan yang semestinya. Permasalahan penggajian yang terjadi di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas tertulis pada tabel 1.1 berikut :
Tabel 1.1 Permasalahan Penggajian
Sumber: Bendahara SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas
No
Tahun
Permasalahan
Jumlah
1.
Tahun 2011
-          Penerimaan gaji pada slip tidak sesuai dengan semestinya
-          Tertunda laporan penggajian 1 semester kepada yayasan
15 Orang

1 bendel
2.
Tahun 2012
-          Penerimaan gaji pada slip tidak sesuai dengan semestinya
-          Tertunda laporan penggajian 2 semester kepada yayasan
15 orang

2 bendel
3.
Tahun 2013
-          Penerimaan gaji pada slip tidak sesuai dengan semestinya
-          Tertunda laporan penggajian 2 semester kepada yayasan
13 Orang

2 bendel
Total Permasalahan
48

Berdasarkan latar belakang diatas, maka judul penelitian yang diambil adalah “SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN GURU DAN KARYAWAN  PADA SMK MA’ARIF NU 2 KARANGLEWAS”. Sistem informasi penggajian guru dan karyawan ini diharap mampu meningkatkan kinerja penghitungan gaji guru dan karyawan secara efektif, efisiensi waktu maupun sarana yang digunakan sehingga dalam SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas semakin baik lagi.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membangun suatu sistem informasi penggajian di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas?

C.    Batasan Masalah
Agar pembahasan masalah yang dilakukan dalam penelitian ini dapat terarah dengan baik dan tidak menyimpang dari pokok masalah, maka penulis membatasi pada batasan masalah sebagai berikut :
1.      Proses penggajian tidak terintegrasi dengan presensi.
2.      Sistem informasi penggajian di SMK Ma’arif NU 2 Karanglewas berisi proses penggajian guru dan karyawan, beserta laporannya.
3.      Sistem informasi ini dibuat hanya untuk pengolahan data penggajian dibagian bendahara.

D.    Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuat perancangan sistem informasi penggajian guru dan karyawan pada SMK Ma’rif NU 2 Karanglewas.

E.     Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritik
a.       Dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian sistem informasi penggajian guru dan karyawan.
b.      Menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan dari STMIK AMIKOM Purwokerto.
c.       Sebagai pembelajaran dalam menganalisa dan mendesain sebuah sistem.
2.      Manfaat Aplikatif
a.       Mempermudah bendahara dalam pembuatan slip gaji
b.      Sebagai penunjang untuk menambah pengetahuan dalam pembuatan sistem informasi penggajian guru dan karyawan
c.       Dapat mempermudah penyimpanan dan pembuatan laporan data penggajian guru dan karyawan

KLIK HALAMAN DIBAWAH UNTUK LANJUTKAN BAB II










 




0 komentar:

Posting Komentar