Senin, 06 Juni 2022

SOAL DAN JAWABAN UAS/UTS MAPEL 3D ANIMASI SMK KELAS XI

 untuk Soal-soal yang lain silahkan klik DISINI

 

1. Istilah pemahatan dalam pembuatan moldeling di dalam software Blender adalah….

a. Sculting

b. Cutting

c. Rigging

d. Smoothing

e. Modelling 


2. Agar pemahatan memberikan hasil yang akurat dan dapat diprediksi, Blender membutuhkan geometri untuk dikerjakan. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah….

a. Vertex 

b. Mesh

c. Edit

d. Smooth

e. Simetris


3. Metode pemahatan tessellation dinamis yang menambahkan dan menghapus detail di bawah kuas adalah….

a. Topologi Statis

b. Topologi Lurus

c. Topologi Dinamis

d. Topologi Garis

e. Topologi Tinggi 


4. Sidebar – Tool – Dyntopo, apabila diterjemahkan dalam bahasa shortcut adalah….

a. Ctrl + C

b. Shift + R

c. Shift + A

d. Ctrl + D

e. Ctrl + S


5. Metode pemahatan tessellation dinamis, seringkali digunakan dalam pembutan model karena mempunyai keuntungan….

a. Kekuatan karakter dapat terlihat realis

b. Mempercepat proses reandering

c. Memudahkan proses texturing

d. Tidak terlalu membutuhkan bentuk

e. Menambah dan menghapus detail dengan cepat


6. Sample Detail Size (pipette icon) . Bergantung pada Tipe Detail yang digunakan, properti ini akan lebih ditampilkan sebagai jumlah….

a. Piksel (px) atau persentase

b. Piksel (px)dan cintimeter (cm)

c. Resolution atau kecerahan

d. Perpindahan cahaya

e. Rougness dan Base colour


7. Refine Method  mempuyai makna adalah….

a. Pembagian Metode

b. Penambahan Metode

c. Sempurnakan Metode

d. Rincian Metode

e. Bagian Metode


8. Kegunaan Subdividsion dalam membuat modelling adalah….

a. Memisahkan objek

b. Menyatukan objek

c. Menambah objek

d. Mengurangi objek

e. Memadatkan objek


9. Menggabungkan dua metode, membagi tepi yang lebih kecil dari ukuran detail, dan topologi runtuh disebut….

a. Subdivide Collapse

b. Subdivision Collapse

c. Cymetris Collapse

d. Extrud Collapse

e. Setting Collapse


10. Gambar ini dalam software Blender disebut….

a. Bond

b. Brand

c. Bone

d. Monet

e. Bugs


11. Metode ini menggunakan ukuran detail berdasarkan jumlah piksel, dan pada gilirannya akan membuat topologi dalam ukuran, perkecil detail besar, perbesar detail kecil yang halus. Hal disebut….

a. Relative Relexe 

b. Relative Detail 

c. Relative Aktive

d. Relative Objek

e. Relative Motif


12. Fungsi shotcut (F2) dalam pembuatan rigging adalah….

a. Menentukan tata letak Bone

b. Menyatukan Bone

c. Memisahkan Bone

d. Memberi nama Bone

e. Menghapus Bone


13. Teknik mengukir di sculting disebut….

a. Make

b. Brand

c. Mesh

d. Mute

e. Mask 


14. Memberi pola garis-garis pada permukaan objek, bisa dibuat gelombang dari distorsinya disebut….

a. Wave texture

b. Noise texture

c. Brick Texture

d. Checker Texture

e. Magic Texture


15. Membuat pola kabut atau asap, efek awan lebih cocok mengunakan….

a. Wave texture

b. Noise texture

c. Brick Texture

d. Checker Texture

e. Magic Texture


16. Musgrave Texture: membuat efek bercak-bercak pada permukaan, bisa dipakai untuk membuat awan atau pola… 

a. Brick Texture

b. Checker Texture

c. Magic Texture

d. Rorschach

e. Noise texture


17. Dalam pembuatan texture seperti tampak tembok bata pada objek sebaiknya menggunakan tekstur ….

a. Brick Texture

b. Checker Texture

c. Magic Texture

d. Rorschach

e. Noise texture


18. Efek tekstur warna-warni bergelombang tetesan air pada permukaan adalah…. 

a. Magic Texture

b. Checker Texture

c. Magic Texture

d. Rorschach

e. Brick Texture


19. Texturing merupakan proses pemberian kontur pada sebuah….

a. Objek

b. Layar kerja

c. Vertex

d. Egh

e. Face 

20. Sebelum proses melakukan tekturing diberi garis….

a. Garis bantu

b. Garis vertikal

c. Garis horisontal

d. Mark seam (garis merah)

e. garis

 

21. Menyeleksi terlebih dahulu bagian mana saja yang ingin dipotong disebut….

a. Unwraping

b. Vertex

c. Egh

d. Face 

e. Weight paint


22. Export UV layout untuk mendapatkan layout dari pola yang sudah kita buat disoftware…. 

a. Corel draw

b. Photoshop

c. Maya

d. 3D max

e. Blender


23. Menggunakan software external seperti GIMP untuk membuat gambar….

a. Bidang

b. Bangunan 

c. modelling

d. Texture

e. Dypo


24. Di Blender simbol gambar ini dinamakan….





a. Screenkeys

b. Subdivision 

c. Solidify

d. Add Modifier

e. Mirror


25. Viewpoint atau garis merah pada bidang kerja Blender mempunyai shuthcut adalah….

a. Y

b. X

c. Z

d. E

e. R


26. Fungsi clipping pada teknik mirror adalah….

a. Memisahkan objek

b. Memperbanyak objek

c. Menyatukan objek

d. Memperbesar objek

e. Memperkecil objek


27. Viewpoint atau garis biru pada bidang kerja Blender mempunyai shuthcut adalah….

a. Y

b. X

c. Z

d. E

e. R


28. Pada lembar kerja Blender apa bila ingin merubah objek dari Objek Mode maka pindah pada lembar kerja….

a. Sculpt Mode

b. Vertek Paint

c. Edit Mode

d. Weight Paint

e. Texture Paint


29. Untuk menjaga agar detail tetap seragam di seluruh objek dapat mengunakan….

a. Detail Objek

b. Detail Vertex

c. Detail Edge

d. Detail Konstan

e. Detail Face


30. Gambar simbol – simbol ini biasanya terdapat pada lembar kerja…

a. Sculpt Mode

b. Vertek Paint

c. Edit Mode

d. Weight Paint

e. Texture Paint

 


0 komentar:

Posting Komentar