Senin, 06 Juni 2022

SOAL DAN JAWABAN UAS/UTS MAPEL DIGITAL PROCESSING SMK XI ANIMASI

 

1.         Kata animasi berasal dari bahasa Inggris yaitu…

A.         Animate

B.         Anime

C.         Animation

D.         Anim

E.         Anim dan motion

2.         Animasi yang hanya mengubah ukuran suatu objek disebut

A.         animasi gerak

B.         animasi putar

C.         animasi skala

D.         animasi transform

E.         animasi skew

3.         Tujuan penggunaan tweened dalam animasi adalah ……

A.         memperhalus animasi

B.         membuat stop motion

C.         membuat transisi

D.         mempublish animasi

E.         memperjelas animasi

4.         Dibawah ini yang merupakan aplikasi perangkat lunak untuk membuat stop motion……

A.         audacity

B.         adobe flash

C.         cool edit pro

D.         adobe reader

E.         corelpaint

5.         Animasi bergerak yang mengikuti suatu jalur tertentu menggunakan fasilitas……

A.         motion rule

B.         motion guide

C.         motion keyframe

D.         motion gridline

E.         motion movie clip

6.         Dalam proses pembuatan animasi, gambar di bawah ini disebut dengan ….

A.      Property Design

B.      Detail Personal

C.      Storyboard

D.      Panel view

E.       Character Design

7.         Dibawah ini merupakan kekurangan dari animasi stop motion……

A.         mudah dalam editing

B.         tidak membutuhkan spesifikasi komputer tinggi

C.         keterbatasan objek gerak

D.         keterbatasan objek gerak

E.         pemanfaatan transisi

8.         Suatu animasi dari objek satu berganti objek dengan objek yang lain disebut……

A.         animasi tween

B.         animasi shape

C.         animasi keyframe

D.         animasi by frame

E.         animasi transisi

9.         Animasi yang digunakan untuk menggerakan objek, memutar objek dan merubah ukuran objek menggunakan animasi……

A.         animasi shape

B.         motion tween

C.         motion transform

D.         animasi ease

E.         animasi transisi

10.      Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehingga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi……

A.         animasi masking

B.         animasi transisi

C.         animasi blend

D.         animasi tween

E.         animasi shape

11.      Proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah hidup disebut……

A.         animasi

B.         film animasi

C.         kartun animasi

D.         animasi  pendek

E.         kartun

12.      Lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing objek merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi disebut……

A.         animasi cloud

B.         animasi frame

C.         animasi cel

D.         animasi blend

E.         animasi glass

13.      Merupakan ukuran kecepatan movie dalam banyaknya frame per detik adalah……

A.         frame per second

B.         frame scene

C.         movie in frame

D.         frame speed

E.         frame rate

14.      Gambar di bawah ini adalah alat yang digunakan dalam proses pembuatan animasi 2 Dimensi, nama alat tersebut adalah ….

A.      Lightbox

B.      Scanner

C.      Pen Tablet

D.      Pegbar

E.       Peg Hole

 

15.      Tombol yang digunakan untuk menjalankan FLASH yang kita buat adalah……

A.         Enter

B.         Spasi + Enter

C.         Alt + Enter

D.         Ctrl + Ente

E.         Shift + Enter

16.      Nama lain dari animasi stop motion adalah……

A.         Clay motion

B.         Kartun

C.         Manga

D.         Rare motion

E.         Photo motion

17.      Berikut ini yang BUKAN merupakan alat percobaan animasi tradisional adalah……

A.         Zoetrope

B.         Thaumatrope

C.         Phenakistoscope

D.         Praxinoscope

E.         Telescope 

18.      Tahapan cara pembuatan animasi tradional yang benar adalah……

A.         Pra produksi > produksi > pasca produksi

B.         Pasca produksi > produksi > pra produksi

C.         Pra produksi > pasca produksi > produksi

D.         Produksi > pra produksi > pasca produksi

E.         Produksi > pasca produksi > pra produksi

19.      Seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendirinya, melalui penggunaan komputer disebut dengan……

A.         Animasi komputer

B.         Animasi stop motion

C.         Animasi tradisional

D.         Animasi digital

E.         Animasi analog

20.      Berikut ini yang BUKAN merupakan prinsip kerja animasi komputer pada tahap Pra-produksi adalah……

A.         Menyusun konsep

B.         Menyusun skenario

C.         Pembentukan karakter

D.         Menyusun storyboard

E.         Melakukan rendering

21.      Dengan Frame rate = 12 fps, Untuk membuat animasi yang panjangnya 5 detik, maka jumlah frame yang dibutuhkan adalah……

A.         65 frame

B.         15 famre

C.         1,4 frame

D.         120 frame

E.         60 frame

22.      Istilah frame kunci yang dapat berdiri sendiri, misalnya Pada Adobe Flash diumpamakan seperti kanvas yang berisi gambar dan digambarkan sebagai sebuah lingkaran yang dapat terisi dalam frame merupakan pengertian dari……

A.         Tween

B.         Pixel

C.         Keyframe

D.         Layer

E.         Timeline

23.      Tempat pengaturan timing atau waktu animasi dan penggabungan objek-objek dari masing-masing layer adalah pengertian dari istilah……

A.         Pixel

B.         Frame

C.         Layer

D.         Timeline

E.         Scene

24.      Cell Technique adalah teknik dalam animasi dengan ….

A.         Objek yang bergerak bersamaan

B.         objek dalam pembuaatannya menggunakan tehnik khusus

C.         pergerakan antar objek yang tertata secara bersamaan antara background dan foreground ….

D.         Objek yang bergerak bebas

E.         Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis.

25.      Di bawah ini tidak termasuk dalam prinsip dasar animasi adalah ….

A.         Rigging

B.         Squash & Stretch

C.         Anticipation

D.         Arch

E.         Staging

26.      Prisip dasar animasi Exaggeration adalah ….

A.         pembuatan animasi oleh seorang animator dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe

B.         membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri.

C.         gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik

D.         upaya mendramatisir animasi dalam bentuk rekayasagambar yang bersifat hiperbolis.

E.         menegaskan bahwa setiap gerakan memiliki percepatan dan perlambatan yang berbeda-beda

27.      Yang harus disiaoka ketika membuat animasi Stop Motion kecuali ….

A.         Paint Tab

B.         Kamera

C.         Objek

D.         Membuat cerita

E.         Story Board

28.      Penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisia suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer merupakan teknik animasi ….

A.         Animasi Cel

B.         Animasi Path

C.         Silet

D.         Computing

E.         Bayang

29.      Apa yang dimaksud dengan middleground ….

A.         Latar belakang

B.         Latar Samping Kanan

C.         Latar Samping Kiri

D.         Latar Tengah

E.         Latar Depan

30.      Bentuk circle, uv sphere, cone terdapat pada adding objek….

A.         mesh

B.         surface    

C.         metaball   

D.         lattice   

E.         curve



Kunci Jawaban 

  

1. C

11. A

21. E

2. C

12. C

22. C

3. A

13. A

23. D

4. B

14. A

24. E

5. B

15. D

25. A

6. C

16. A

26. D

7. C

17. E

27. A

8. B

18. A

28. D

9. B

19. A

29. D

10. A

20. E

30. A

 


0 komentar:

Posting Komentar