Senin, 21 September 2020

SOAL BAHASA INGGRIS (ENGLISH) UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) KELAS XI SMK

 

I.      Untuk soal nomor 1 sampai nomor 20 pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada lembar jawaban yang telah disediakan!


1.       Salah satu fungsi komunikasi adalah to collaborate, yang artinya....

A.      Memberikan informasi kepada orang lain

B.      Menghibur dan menyenangkan hati orang lain

C.      Menciptakan adanya kerja sama bisnis, baik perorangan maupun organisasi

D.      Menjembatani perbedaan antarsuku ataupun antarbangsa

E.      Sarana pendidikan karena melalui komunikasi manusia


2.       Orang yang menerima pesan atau pihak yang menjadi sasaran komunikasi disebut....

A.      Komunikan

B.      Komunikator

C.      Message

D.      Media

E.       Channel

3.       Berikut ini merupakan ciri-ciri komunikasi publik adalah....

A.      Disampaikan kepada khalayak yang lebih besar dalam situasi tatap muka

B.      Penyampaian pesan secara pribadi terdiri dari dua orang

C.      Penerima dapat diidentifikasi satu per satu

D.      Interaksi antara komikator dan komunikan sangat aktif

E.       Pesan disampaikan secara spontanitas

4.       Surat, koran, dan majalah termasuk jenis media komunikasi....

A.      Visual

B.      Audio

C.      Video

D.      Audiovisual

E.       Interpersonal

5.       Contoh respon yang tepat ketika menerima telepon dari pelanggan untuk pimpinan yang tidak ada di tempat adalah....

A.      “Mohon maaf Pak/Bu, Pak Burhan tidak ada, nanti telepon lagi saja ya.”

B.      “Mohon maaf Pak/Bu, Pak Burhan sedang tidak berada di tempat. Apakah ada pesan yang ingin disampaikan?”

C.      “Pak Burhan tidak ada, apakah ada pesan yang ingin disampaikan?”

D.      “Orangnya lagi nggak ada tuh, nanti telepon lagi saja ya mbak.”

E.       “Lagi keluar, maaf. Apa ada pesan?”

6.       Contoh pembukaan yang tepat saat mempresentasikan promosi produk secara langsung adalah....

A.      “Selamat pagi semuanya. Ini ada produk sangat bagus untuk Anda.”

B.      “Selamat pagi semuanya. Apa kabar? Senang sekali saya bisa berada di tengah-tengah Anda semua pada hari ini.”

C.      “Selamat pagi semuanya. Apa kabar? Ayo, silahkan beli...beli...”

D.      “Senang sekali saya bisa berada di tengah-tengah Anda semua pada hari ini, silahkan yang mau beli bisa kunjungi stand saya.”

E.       “Ayo semuanya, ini ada produk bagus dan murah. Bisa dicek dulu, silahkan...silahkan...”

7.       Dalam kondisi marah, sedih, atau takut, seseorang akan merasa kesulitan dalam menerima pesan. Hal tersebut merupakan salah satu hambatan komunikasi berupa....

A.      Gangguan fisik

B.      Gangguan emosional

C.      Gangguan psikologis

D.      Konsentrasi yang buruk

E.       Perbedaan persepsi dan bahasa

8.       Penerapan komunikasi bisnis yang mengacu pada prinsip-prinsip yang dianut oleh perusahaan mengenai komunikasi mana yang baik dan mana yang tidak baik disebut....

A.      Etika

B.      Etika komunikan

C.      Etika komunikasi bisnis

D.      Etika pesan

E.       Etiket

9.       Bentuk komunikasi yang disampaikan secara lisan atau tertulis disebut....

A.      Komunikasi verbal

B.      Komunikasi nonverbal

C.      Komunikasi publik

D.      Komunikasi massa

E.       Komunikasi interpersonal

10.    Ekspresi wajah yang memerah karena ingin meluapkan kemarahan merupakan contoh komunikasi dalam bentuk....

A.      Komunikasi verbal

B.      Komunikasi nonverbal

C.      Komunikasi publik

D.      Komunikasi massa

E.       Komunikasi interpersonal

11.    Maksud dari langkah introducing yourself dalam percakapan telepon adalah....

A.      Menanyakan siapa penelepon

B.      Memperkenalkan diri

C.      Memesan barang

D.      Mengatakan keinginan

E.       Mengakhiri telepon

12.    Contoh percakapan untuk memperkenalkan diri adalah....

A.      Good morning, ProsCompany is here.

B.      Ok. You’re welcome.

C.      I am sorry, Sir. Could I have your name again, please?

D.      Just a minute, Sir. I will put you through.”

E.       Do you mind holding the line?

13.    Kalimat “Would you like to leave a message?” dapat digunakan untuk....

A.      Menawarkan penelepon menginggalkan pesan

B.      Meminta waktu untuk konfirmasi

C.      Menanyakan siapa penelepon

D.      Memperkenalkan diri

E.       Mengatakan keinginan

14.    Kalimat yang digunakan untuk merespon salam penutup yang dikatakan oleh penelepon adalah....

A.      Ok. You’re welcome.

B.      I am sorry, Sir. Could I have your name again, please?

C.      Just a minute, Sir. I will put you through.

D.      Do you mind holding the line?

E.       Thank you for calling.”

15.    Kalimat “Sorry, could you repeat your name?” atau “Could you spell your name please?” digunakan untuk....

A.      Meminta mengulangi namanya

B.      Meminta waktu untuk konfirmasi

C.      Menanyakan siapa penelepon

D.      Memperkenalkan diri

E.       Mengatakan keinginan

16.    Frasa “Yours sincerely” atau “Yours faithfully” tepatnya dicantumkan dalam bagian....

A.      Letterhead

B.      Letter date

C.      Reference number

D.      Attention line

E.       Complimentary close

17.    Berikut adalah kalimat yang dapat digunakan untuk memberi tahu penelepon bahwa orang yang dituju tidak dapat menerima telepon, yaitu....

A.      I’m sorry. He/She is not available.”

B.      I am sorry, Sir. Could I have your name again, please?

C.      Just a minute, Sir.

D.      Do you mind holding the line?

E.       I will put you through.”

18.    Surat yang dibuat oleh calon pembeli dan ditujukan kepada penjual, dengan maksud meminta keterangan mengenai barang-barang yang akan dibeli dinamakan....

A.      Surat penawaran

B.      Surat permintaan

C.      Surat permintaan penawaran

D.      Surat pesanan

E.       Surat pengiriman barang

19.    Surat permintaan penawaran dalam bahasa Inggris disebut....

A.      Inquiry letter

B.      Offering letter

C.      Letterhead

D.      Payment letter

E.       Reference letter

20.    Bagian atas dari surat, biasanya dikenal dengan istilah kop surat atau kepala surat merupakan ciri-ciri dari....

A.      Letterhead

B.      Letter date

C.      Reference number

D.      Attention line

E.       Conclusion

KUNCI JAWABAN.

1.       C

2.       A

3.       A

4.       A

5.       B

6.       B

7.       B

8.       C

9.       A

10.   B

11.   B

12.   A

13.   A

14.   E

15.   A

16.   E

17.   A

18.   C

19.   A

20.   A 

II.Essay!

 1.       Uraikan pengertian komunikasi bisnis yang Anda ketahui!

2.       Menurut Anda, apa sajakah hambatan yang dapat ditemui apabila berkomunikasi dengan orang asing (beda negara)? Jelaskan.

3.       Tuliskan tahapan-tahapan dalam melakukan komunikasi bisnis melalui telepon!

4.       Jelaskan tentang order letter dan payment letter secara singkat!

5.       Buatlah contoh kalimat berbahasa Inggris tentang memperkenalkan diri dan menawarkan bantuan saat berkomunikasi melalui telepon! (masing-masing 1 contoh kalimat)

 

SOAL-SOAL MAPEL YANG LAIN KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar